Video Drum Mike Mangini The Grid

Kali ini saya akan membahas mengenai DVD-nya Mike Mangini yang berjudul The Grid. DVD yang sangat bagus isinya menurut saya, dan cara penyampaiannya Mike Mangini juga sangat bagus dan dia menggunakan bahasa yang sangat mudah untuk dimengerti.

Kebetulan untuk DVD ini saya sudah membuat subtitle bahasa Indonesianya, jadi buat teman-teman yang bermasalah dengan bahasa Inggris tidak perlu kuatir, tetap bisa mendapatkan ilmu dan bisa belajar dari Mike Mangini langsung melalui DVD yang sudah saya beri subtitle bahasa Indonesia ini.

Untuk teman-teman yang tidak tahu siapa Mike Mangini, bisa menonton video aksinya Mike Mangini di bawah ini.


Mike Mangini ini sekarang adalah drummer dari band Dream Theater menggantikan Mike Portnoy.

DVD The Grid Mike Mangini

Cover dari DVD ini bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.

DVD Drum Mike Mangini The Grid

Berikut ini di bawah saya akan jelaskan apa saja yang dibahas oleh Mike Mangini di DVD-nya The Grid ini.

Apa Saja Yang Dibahas Di DVD Ini?

DVD ini menurut saya bukanlah DVD untuk drummer pemula, karena menurut saya isinya sangat advanced, tapi memang Mike Mangini di DVD ini berhasil menjelaskan apa yang dia sampaikan dengan bahasa yang sangat mudah untuk dimengerti.

Bahasan dia di DVD ini adalah mengenai improvisasi. Dia juga menyampaikan di dalam memainkan sebuah inprovisasi, dia menggunakan sebuah sistem yang dia buat sendiri dan dia beri nama dengan nama The Grid. Ada beberapa kategori yang dia masukkan ke dalam The Grid tersebut, awalnya ketika saya nonton di depan saya sudah merasa video ini sangat advanced sekali, karena dari materi yang dia bahas yaitu mengenai improvisasi, dimana minimal teman-teman berada di tingkat intermediate untuk bisa memainkan improvisasi ini. Tingkat intermediate akhir menuju advanced lah untuk teman-teman bisa mengerti improvisasi, tapi saya cukup kaget karena dia bisa membahasakan dengan bahasa yang mudah untuk dimengerti, sehingga kalau teman-teman pemula, tidak terlalu pemula banget yang benar-benar dari NOL juga sih, teman-teman akan bisa mendapatkan sesuatu dari menonton video ini. Setidak-tidaknya teman-teman akan menambah pengetahuan walau teman-teman belum bisa memainkan apa yang dia sharingkan.

Topik yang dia bahas di DVD ini antara lain:
  1. Penjabaran mengenai sistemnya dia The Grid, dia menjelaskan ada beberapa kategori di situ yang nantinya akan terpakai kategori-kategori tersebut ketika kita memainkan sebuah improvisasi.
  2. Time Signature. Saya suka dengan cara dia menjelaskan mengenai time signature ini karena dia benar-benar menggunakan bahasa yang sangat mudah untuk dimengerti bahkan untuk pemula, sehingga kita mudah untuk bisa mengerti apa yang dia sampaikan.
  3. Subdivision. Pembahasannya dia mengenai subdivision juga sangat mudah sekali untuk dimengerti. Salut saya sama cara dia di dalam menjelaskan dan menyampaikan, karena sangat enak sekali. Sangat cocok dan tidak salah dia pernah jadi dosen di Berklee College of Music, karena untuk menjadi seorang pengajar yang baik harus juga bisa menyampaikan dengan cara yang mudah untuk dimengerti dan bukan hanya sekedar jago bermain saja.
  4. Dinamika. Pembahasan mengenai bagaimana dia memainkan dinamika yang berbeda ketika dia memainkan improvisasi.
  5. Bagian-bagian tubuh yang memainkan drum.
  6. Aliran musik.
  7. Frasa. Di sini teman-teman akan mendapatkan pemahaman yang baik mengenai frasa karena memang cara menjelaskan si Mike Mangini yang sangat mudah untuk dimengerti.
  8. Drum set yang digunakan di Dream Theater. Dia menjelaskan mengapa dia menggunakan drum set yang seperti itu yang dia pakai di Dream Theater, dan kalau teman-teman menyimak dengan baik apa yang dia sampaikan akan menjadi kagum dengan seberapa detail dia memperhatikan kebutuhan bermusiknya dengan menyediakan drum set yang juga pas untuk kebutuhan musiknya.
  9. Ostinato. Mike Mangini juga menjelaskan mengenai apa itu ostinato kemudian dia menjelaskan ada beberapa kategori di dalam memainkan ostinato. Cukup detail penjelasan dia mengenai ostinato ini dan dengan caranya dia yang sangat baik di dalam menjelaskan hingga menurut saya orang awam pun akan bisa mengerti dengan apa yang dia sampaikan ini.
Oh iya, di DVD ini dia juga menyertakan file pdf-nya, tapi untuk file pdf-nya saya tidak mengartikannya ya, karena kan tertulis, jadi sebenarnya teman-teman masih bisa mengartikannya dengan menggunakan google translate, dan tetap bisa digunakan asal teman-teman mengerti not balok, karena isi file pdf-nya memang juga banyak not balok dari apa yang dia mainkan di video tersebut.

Subtitle Bahasa Indonesia

Seluruh video ini sudah selesai saya kerjakan subtitle bahasa Indonesianya. Durasi videonya kurang lebih sekitar 3,5 jam, dan dia memberikan bonus berupa video solo drum dia. Subtitle bahasa Indonesia ini saya kerjakan sendiri, dimana teman-teman bisa melihat di bawah ini skrinsutnya.

DVD Drum Mike Mangini The Grid

Cukup lama juga saya mengerjakan subtitle bahasa Indonesia untuk DVD ini dikarenakan memang lamanya DVD ini dan saya benar-benar menyimak terlebih dahulu apa yang dia maksudkan ketika dia menyampaikan mengenai sesuatu halnya agar tidak ada kesalahan di dalam mengartikan apa yang dia maksudkan.

Harganya Berapa?

Harganya adalah Rp 200ribu dan kalian bisa menghubungi WA saya di 0812-8535-7230 untuk mendapatkan video pelajaran dari Mike Mangini, The Grid ini.

Untuk DVD pelajaran drum lain yang sudah ada subtitle Bahasa Indonesianya, kalian bisa melihat daftarnya di artikel ini, Jual DVD Pelajaran Drum Subtitle Bahasa Indonesia, silakan diklik saja di tulisan tersebut dan kalian nanti akan melihat daftar DVD pelajaran drum apa saja yang sudah saya terjemahkan dan sudah ada subtitle Bahasa Indonesianya.

Komentar